Sosok Guru Ideal Menurut Imam al-Ghazali (Kajian Terhadap Kitab Ihya‘Ulum Id-Din)

Nurdin, Erni (2018) Sosok Guru Ideal Menurut Imam al-Ghazali (Kajian Terhadap Kitab Ihya‘Ulum Id-Din). Masters thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of ERNI.pdf] Text
ERNI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjadi guru yang ideal dalam pandangan al-Ghazali membutuhkan lima kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap, teladan, etika. Pengetahuan adalah merupakan modal awal sebelum mengajar, Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa pengetahuan harus membawa pada sebuah kebenaran. Keterampilan adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan keadaan yang membuat nyaman siswa dalam pembelajaran, serta keterampilan guru dalam membawakan materi pembelajaran sesuai dengan daya tangkap dan pemahaman siswa. Imam al-Ghazali mengemukakan aspek sikap sebagai suatu keadaan personal yang harus dilakukan di segala lingkungan baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat. Keteladanan adalah suatu sikap, perkataan, dan perbuatan yang baik, senantiasa harus ditunjukkan di depan murid sehingga menjadi contoh yang baik. Sedangkan etika adalah kesesuaian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan sehingga tidak membawa dusta. Konsep guru ideal dalam pemikiran Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya’ulum Id- Din dengan konteks saat ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran khususnya dalam menghadapi karakteristik zaman sekarang, agar terwujud tujuan pendidikan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Pemikiran Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education Management
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 15 Mar 2022 05:22
Last Modified: 15 Mar 2022 05:22
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item
View Item