Pengaruh Penilaian Berbasis Hots (Higher-Order Thinking Skills) Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu

Utami, Farhah (2021) Pengaruh Penilaian Berbasis Hots (Higher-Order Thinking Skills) Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Masters thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of FARHAH UTAMI.pdf] Text
FARHAH UTAMI.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Hasil data menunjukkan bahwa penilaian berbasis HOTS secara signifikan mempengaruhi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta dididk di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Hasil ini didapatkan setelah dilakukan pengujian hipotesis antara variable X (Penilaian berbasis HOTS) terhadap variable Y1 (Keterampilan berpikir kritis) dan variabel Y2 (Keterampilan berpikir kreatif). Dimana nilai Thitung variabel Y1 yaitu 6,098 dan nilai Thitung variabel Y2 yaitu 5,879 lebih besar dibandingkan nilai ttabel yaitu 1,990. Maka hipotesis Ha yang menyatakan “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian berbasis HOTS terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di SMA Al-Azhar Mandiri Palu” diterima. Selain itu juga dari hasil yang diperoleh melalui model persamaan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel X (penialain berbasis HOTS) memberikan pengaruh yang positif terhadap variable Y1 (Keterampilan berpikir kritis) dan variabel Y2 (Keterampilan berpikir kritis).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:00
Last Modified: 22 Mar 2022 07:00
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item
View Item