Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Pasangkayu

Fitri, Fitri (2017) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Pasangkayu. Masters thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of FITRI.pdf] Text
FITRI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1) Strategi yang diterapkan guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yakni pertama, Penetapan kualifikasi peserta didik. Kedua, Mengadakan pembinaan khusus bagi peserta didik yang mengalami kesulitan. Ketiga, melakukan kerjasama dengan sesama guru dan peserta didik. Keempat, membiasakan peserta didik membaca Al Qur’an.2) Strategi yang diterapkan guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan menulis Al-Qur’an yakni pertama, menetapkan kualifikasi peserta didik. Kedua, membiasakan peserta didik menulis Al-Qur’an. Ketiga, memberikan penugasan.3) Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an yakni faktor guru antara lain pertama, teacher training experience yang meliputi basic pendidikan. Kedua, teacher properties yang meliputi kemampuan guru dalam membaca Al-Qur’an. Faktor peserta didik antara lain pertama, aspek pupil formative experiences yakni ikut serta dalam TPQ. Kedua, Pupil properties yakni kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dan faktor sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an yakni faktor guru dan faktor peserta didik antara lain kurangnya perhatian, malas, kurangnya perhatian dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:53
Last Modified: 23 Mar 2022 07:53
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item
View Item