Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Sibalaya Kabupaten Sigi

Sakina, Sakina (2017) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Sibalaya Kabupaten Sigi. Masters thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of SAKINA.pdf] Text
SAKINA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Sibalaya diawali dengan analisis lingkungan internal maupun eksternal madrasah yang meliputi kekuatan dan kelemahan, serta ancaman dan peluang madrasah. Kepala Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Sibalaya selalu membangun kerukunan dalam suatu organisasi misalnya mampu menempatkan personel secara tepat dan mampu mempengaruhi bawahannya dalam hubungan manusiawi yang diliputi situasi kewibawaan, memberlakukan kedisiplinan kepada seluruh personel madrasah, dan melakukan pemberdayaan guru untuk peningkatan kompetensi guru, serta melakukan evaluasi dengan melibatkan pihak terkait yang relevan dan profesional. 2) Faktor yang menjadi pendukung bagi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Sibalaya yaitu adanya kerja sama yang harmonis dengan bawahannya serta situasi dan kondisi madrasah yang aman dan nyaman. Sedangkan, faktor penghambat yaitu kurangnya kedisiplinan guru dan kurangnya respon masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah, bahkan Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Sibalaya masih mendapatkan perlakuan negatif dari masyarakat. 3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut, yaitu menegakkan kedisiplinan guru serta bekerja sama dengan melibatkan semua pihak dalam mensosialisasikan madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:59
Last Modified: 08 Apr 2022 01:59
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item
View Item