Implementasi Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kota Palu

Erniati, Erniati and Mahmud, Moh. Natsir and Yaumi, Muhammad and Mania, Sitti (2018) Implementasi Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kota Palu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 4 (2). pp. 230-239. ISSN 2656-940X

[thumbnail of Hasil tes plagiasi] Text (Hasil tes plagiasi)
IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of (Reviewer Prof Sitti Mania) IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU.pdf] Text
(Reviewer Prof Sitti Mania) IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of (Reviewer Dr Hamlan) IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU.pdf] Text
(Reviewer Dr Hamlan) IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI di SMA Negeri Kota Palu. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan positivistik. Sumber data primer penelitian ini yaitu pengawas, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PAI, dan sumber data sekunder yang menyangkut dokumen penunjang penelitian tentang evaluasi kinerja guru PAI. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori baik. Dengan pencapaian hasil kinerja guru PAI dalam menyusun RPP rata-rata skor 18,32 masuk dalam kategori baik. Kemampuan guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, dengan perolehan rata-rata skor 19,62. Kemampuan guru PAI dalam evaluasi pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, dengan perolehan rata-rata skor kinerja guru sebesar 18,03. Hasil perolehan skor tersebut sejalan dengan studi dokumentasi yang peneliti lakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kota

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penilaian, Kinerja Guru
Subjects: Education > Education (General)
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 18 Jul 2022 17:08
Last Modified: 18 Jul 2022 17:08
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item
View Item