MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF “TARBIYATUL ISLAMIYAH” SEBAGAI PENGUATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN

Hatta, Fakhrurrozi and Masturah, Minabari MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF “TARBIYATUL ISLAMIYAH” SEBAGAI PENGUATAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN. LP2M IAIN Palu. (Unpublished)

[thumbnail of Penelitian LP2M] Text (Penelitian LP2M)
dummi book.docx

Download (22kB)
[thumbnail of dummy book2.docx] Text
dummy book2.docx

Download (55kB)
[thumbnail of BAB I.docx] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[thumbnail of BAB II.docx] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[thumbnail of BAB III.docx] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] Text
BAB IV.docx

Download (70kB)
[thumbnail of BAB V.docx] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Integrasi kurikulum merupakan salah satu aspek pengembangan kurikulum dalam dunia pendidikan. Aplikasi integrasi kurikulum akan selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum diperlukan agar output pendidikan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja dan kehidupan masyarakat. Empat pilar pendidikan sebagai pondasi pendidikan secara global merupakan format pendidikan yang bertujuan menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat, dengan memberikan keterampilan dan kecakapan hidup pada peserta didik. Penelitian ini berupaya menemukan konsep integrasi kurikulum yang berguna untuk memperkaya literasi khazanah intelektual dalam dunia pendidikan.
Pentingnya integrasi kurikulum Pendidikan Islam pada sekolah umum berdasarkan kondisi riil Pendidikan di Indonesia, yang memiliki pekerjaan rumah berupa penguatan karakter sosial dan relijius siswa. Penguatan karakter menjadi poin utama dalam Pendidikan di Indonesia sebagai penguat generasi muda yang menjadi pilar negara di masa yang akan datang.
Buku kecil di hadapan pembaca ini merupakan bacaan ringan tentang manajemen kurikulum pendidikan Islam yang diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah. Harapan penulis, semoga buku ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menambah khazanah intelektual di Indonesia. Penulis sadar dengan sepenuh hati jika buku ini masih penuh dengan kekurangan, hanya saja penulis berharap kajian dalam buku ini dapat memantik diskusi dan penelitian lain pada masa yang akan datang.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
Depositing User: Pusat Penelitian UIN Datokarama Palu
Date Deposited: 08 Nov 2022 11:37
Last Modified: 08 Nov 2022 11:37
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item
View Item