PENGARUH PERSEPSI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu

Syaifullah, Syaifullah and Bachmid, Sofyan and Jalil, Abdul PENGARUH PERSEPSI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu. PENGARUH PERSEPSI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu.pdf] Text
PENGARUH PERSEPSI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of PENGARUH_PERSEPSI_DAN_MODAL_MINIMAL_TERHADAP_MINAT.pdf] Text
PENGARUH_PERSEPSI_DAN_MODAL_MINIMAL_TERHADAP_MINAT.pdf

Download (4MB)

Abstract

Investasi merupakan salah satu instrumen pembangunan yang di butuhkan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, termasuk negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner (angket). Objek penelitian ini adalah masiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu angkatan 2017 baik yang sudah membuka account di pasar modal maupun yang belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi (Sig.) kedua variabel tersebut yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu, secara simultan variabel persepsi dan modal minimal mempunyai pengaruh positif terhadap minat investasi dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Begitu pula dengan membandingkan Fhitung dan Ftabel, maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 82,237 > Ftabel 3,12. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,684. Hal ini berarti bahwa variasi perubahan variabel minat investasi (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel persepsi (X1) dan modal minimal (X2) sebesar 68,4%. Sedangkan, sisanya (100%- 68,4% = 31,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau diluar dari penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: Economy & Business > Business
Economy & Business > Islamic Business
Economy & Business > Islamic Finance
Depositing User: Unnamed user with email a@iainpalu.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:06
Last Modified: 06 Apr 2023 04:11
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item
View Item