Penggunaan media gambar untuk memotivasi kemampuan membaca peserta didik di MI Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu

Rakib, Sitti Nurul Fatma (2023) Penggunaan media gambar untuk memotivasi kemampuan membaca peserta didik di MI Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI SITTI NURUL FATMA RAKIB FIX EDIT.pdf] Text
SKRIPSI SITTI NURUL FATMA RAKIB FIX EDIT.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan media gambar untuk memotivasi kemampuan membaca peserta didik di MI Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media gambar untuk memotivasi kemampuan membaca peserta didik di kelas 1 MI Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu? 2) Bagaimana hasil pengunaan media gambar terhadap kemampun membaca peserta didik di kelas 1 MI Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan hasil pengunaan media gambar untuk memotivasi kemampuan membaca peserta didik di MI Alkhairaat Pengwu Kota Palu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan memilih lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu, menggunakan sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder yang relevan dengan masalah yang diteliti, dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, untuk memotivasi kemampuan membaca peserta didik di MI Alkhairaat Pengawu Kota Palu, 1) guru melatih peserta didik membaca, 2) guru memberi apresiasi setiap peserta didik yang telah membaca, dan hasil pengunaan media gambar di MI Alkhairaat Pengawu Kota Palu terhadap motivasi membaca peserta didik, a) dapat menarik minat belajar peserta didik, b) lebih mudah membaca karena melihat langsung huruf yang ada pada gambar, c) lebih bersemangat dan fokus dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian ini memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk dapat meningkatkan kualitas dan kreatifitas seorang guru dengan memperluas keilmuan tentang penggunaan media pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar; Kemampuan Membaca
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:46
Last Modified: 12 Jun 2023 07:46
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item
View Item