Implikasi penerapan komunikasi diadik dalam pembelajaran akidah akhlak peserta didik di MTs Al-Istiqomah Kelurahan Lasoani Kota Palu

Rahmaniar, A (2022) Implikasi penerapan komunikasi diadik dalam pembelajaran akidah akhlak peserta didik di MTs Al-Istiqomah Kelurahan Lasoani Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

[thumbnail of A RAHMANIAR_161010015 (2).pdf] Text
A RAHMANIAR_161010015 (2).pdf

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implikasi Penerapan Komunikasi Diadik Dalam
Pembelajaran Akidah Akhlak Bagi Peserta Didik Di MTs AL-Istiqomah
Kelurahan Lasoani Kota Palu. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1.
Bagaimana implikasi penerapan komunikasi diadik dalam pembelajaran akidah
akhlak di MTs Al-Istiqomah Kelurahan Lasoani Kota Palu? 2. Bagaimana bentuk- bentuk implikasi penerapan komunikasi diadik dalam pembelajaran akidah akhlak
bagi peserta didik di MTs Al-Istiqomah Kelurahan Lasoani Kota Palu
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan memilih MTs Al�Istiqomah Kelurahan Lasoani Kota Palu sebagai lokasi penelitian. Sumber data
diperoleh oleh data primer dan data sekunder yang relevan dengan masalah yang
diteliti. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk-bentuk
penerapan komunikasi diadik dalam pembelajaran akidah, diantaranya yaitu
bentuk komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Bentuk komunikasi diadik
atau komunikasi dua arah ini dilakukan dalam pembelajaran akidah akhlak agar
dapat melihat sejauh mana pemahaman peserta didik terkait mata pelajaran akidah
akhlak yang diajarkan. Sehingga komunikasi ini dianggap lebih efektif sehingga
guru dapat memahami peserta didik yamg belum paham pada materi yang
disampaikannya. Namun pada saat adanya pandemi covid-19 ini proses
pembelajaran dilakukan secara jarak jauh daring/online.
Implikasi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implikasi penerapan
komunikasi diadik dalam pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik sangat
berpengaruh dalam proses pembelajaran sehingga guru tersebut dapat mengetahui
hal-hal apa yang belum dipahami oleh peserta didik terkait mata pelajaran yang di
bawakan. Maka dengan komunikasi seorang guru mempunyai peran yang besar
dalam memberikan motivasi kepada siswanya untuk bisa disiplin dalam
belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; komunikasi diadik; palu
Subjects: Education > Education (General)
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:25
Last Modified: 16 Jun 2023 07:25
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item
View Item