Peran orang tua dalam mengawasi perilaku negatif anak pada pembelajaran online di desa sigenti selatan, kecamatan tinombo selatan,kabupaten parigi moutong

anisa, anisa (2022) Peran orang tua dalam mengawasi perilaku negatif anak pada pembelajaran online di desa sigenti selatan, kecamatan tinombo selatan,kabupaten parigi moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Anisa 184130010 Bimbingan konseling Islam (2).pdf] Text
Anisa 184130010 Bimbingan konseling Islam (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku negatif anak pada pembelajaran online di Desa Sigenti Selatan, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong yaitu terdapat anak yang malas mengerjakan tugas, merasa bosan, mengantuk saat pembelajaran online berlangsung, bermain game dan lain-lain. Namun perilaku negatif tersebut, masih dapat diatasi orang tua dan guru dengan memberikan nasehat dan teguran pada anak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mengawasi perilaku negatif anak pada pembelajaran online di Desa Sigenti Selatan, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, cukup berperan yaitu, dengan memberikan nasehat, mendidik, mengawasi, mengarahkan dan memberikan motivasi kepada anak. Akan tetapi, terdapat pula beberapa kendala yang dialami orang tua seperti orang tua sibuk mengurus pekerjaan rumah, bekerja di kebun dan lain-lain. Akan tetapi, orang tua tetap memberikan pengawasan dan perhatian kepada anak. Kemudian, dari hasil penelitian orang tua juga melakukan upaya semaksimal mungkin untuk membimbing anak, dengan menggunakan cara seperti membatasi atau membuat jadwal untuk anak dalam menggunakan handphone, dan memberikan hadiah kepada anak agar semangat dalam belajar, namun hal tersebut juga mengalami faktor pendukung dan penghambat pada saat anak melaksanakan pembelajaran online, berdasarkan hasil penelitian di Desa Sigenti Selatan, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong ditemukan berbagai faktor pendukung yaitu, adanya izin dari kepala sekolah untuk melaksanakan pembelajaran online, dan tersedianya kouta internet meskipun belum maksimal, kemudian terkait faktor penghambat ditemukan ada berbagai faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran online yaitu, kurangnya kuota internet, kurang tersedianya sarana dan prasarana seperti handphone, dan kurang stabilnya jaringan sehingga, 11 membuat siswa-siswi malas mengikuti pembelajaran dan sulit beradaptasi dengan keadaan dalam proses pembelajaran online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab & dakwah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:23
Last Modified: 22 Jun 2023 04:23
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item
View Item