Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru

Saude, Saude and Cikka, Hairuddin and Zaifullah, Zaifullah (2020) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 2 (2). pp. 156-171. ISSN 27155420

[thumbnail of Bukti Plagiat] Text (Bukti Plagiat)
Jurnal Al Mutsla (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan kinerja guru di SMK Negeri I Biromaru. Maka, uraiannya berdasarkan pada permasalahan bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan kinerja guru di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Biromaru?, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui observasi dan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang optimal, meningkatkan kualitas Guru SMK Negeri I Biromaru. Usaha ini dilakukan melalui empat program strategi kepemimpinan kepala sekolah, yaitu: (1) pembinaan tanggung jawab guru, yang menghasilkan guru yang bertanggung jawab sebagai pengajar, sebagai pembimbing, dan guru sebagai administrator kelas, (2) program pelaksanaan kegiatan pembelajaran, menghasilkan guru yang bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi, ketepatan metode yang digunakan, penguasaan kelas, dan sikap. (3) program pembinaan kedisiplinan guru, yang menghasilkan guru yang disiplin dalam hal efektivitas waktu, dan (4) program pembinaan komitmen guru, yang menghasilkan keaktifan guru dalam mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab & dakwah
Depositing User: Analis Kepegawaian
Date Deposited: 29 Jun 2023 14:58
Last Modified: 29 Jun 2023 15:12
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item
View Item