Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Media Bisnis Online Dalam Peningkatan Volume Penjualan (Studi kasus Pada Mhey Makeup Palu

Enjela, Enjela (2022) Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Media Bisnis Online Dalam Peningkatan Volume Penjualan (Studi kasus Pada Mhey Makeup Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of ENJELA_183120038_EKONOMI SYARIAH.pdf] Text
ENJELA_183120038_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap pemasaran dalam suatu lembaga atau perusahaan. Salah satu dampak positif dari teknologi dalam kehidupan manusia, terutama di bidang pemasaran yakni proses penyampaian informasi secara cepat. Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan
jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa. Saat ini terdapat dua jenis pemasaran, yaitu offline marketing dan online marketing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan jejaring sosial sebagai media bisnis online dalam peningkatkan volume penjualan jasa pada Mhey Makeup Palu.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian.
Hasil penelitian, ada 3 jenis jejaring sosial yang dimanfaatkan Mhey makeup Palu dalam memasasarkan usaha mereka diantaranya ada Facebook, Instagram dan Whatsapp. Dari jenis-jenis jejaring sosial tersebut ada beberapa
bentuk-bentuk pemanfaatan jejaring sosial dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Dalam pemanfaatan Jejaring sosial ini juga terdapat beberapa
tantangan dan peluang. Dan dari pemanfaatan jejaring sosial ini Mhey makeup Palu mendapatkan peningkatan penjualan.
Kesimpulan dari Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan jejaring Sosial Sebagai Media Bisnis Online pada Mhey makeup Palu lebih efektif dan volume penjualannya meningkat dibandingkan hanya menggunakan offline marketing. Dikarenakan media sosial dapat membantu dalam proses promosi
suatu bisnis karena jangkauannya lebih luas dan mudah diakses, serta dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan promosi. Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada Mhey makeup Palu sebagai pengusaha bisnis online harus selalu update dan mengikuti perkembangan
teknologi yang ada. Sehingga dapat mengembangkan bisnisnya. Perlu pula untuk membangun kepercayaan yang kuat antara konsumen. Sehingga bisa menjadikan reputasi usaha lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jejaring Sosial;Media Bisnis Online;Volume Penjualan
Subjects: Economy & Business
Hukum > Sharia Economic
Economy & Business > Islamic Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:53
Last Modified: 11 Jul 2023 03:53
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item
View Item