PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS THOGETHER DALAM MENGAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PALU

Asing, Asing (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS THOGETHER DALAM MENGAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PALU. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

[thumbnail of Skripsi Asing Full.pdf] Text
Skripsi Asing Full.pdf

Download (4MB)

Abstract

tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama islam dengan penerapan model pembelajaran number head together pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Palu

penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: 1. perencanaan 2. pelaksanaan, 3. observasi, 4. refleksi. subjek penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 1 Palu yang berjumlah 34 peserta didik. objek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru mata pelajaran Pendidikan agam islam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.

hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran number head together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Palu.(1). keaktifan peserta didik mengajukan peserta didik atau ide dalam diskusi dalam kelas menunjukan peningkatan dari 20,68% atau 6 peserta didik pada siklus 1 menjadi 27,58% atau 8 peserta didik, pada siklus II. (2). keaktifan peserta didik dalam mengutaran pendapat menunjukan peningkatan 17,24% atau 5 peserta didik pada siklus 1, 20,68% atau 6 peserta didik pada siklus II. (3). keaktifan peserta didik dalam kelompok, intereaksi antara pesrta didik juga menunjukan peningkatan dari 31,03% atau 9 peserta didik pada pada siklus I menjadi 34,48% atau 10 peserta didik pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:49
Last Modified: 12 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item
View Item