Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMA

Rasna, Rasna (2023) Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of RASNA_191220002_TADRIS MATEMATIKA.pdf] Text
RASNA_191220002_TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas X SMA.
Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 sarjo dengan sampel sebanyak 88 orang pesertaa didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematis dan tes kemampuan berpikir kritis matematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sarjo. Kecemasan matematis berperan penting dalam berpikir kritis peserta didik. Rasa cemas yang berlebihan terhadap matematika dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap berpikir kritis matematis peserta didik, semakin tinggi kecemasan matematis peserta didik, maka semakin rendah kemampuan berpikir kritis matematisnya. Pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis adalah sebesar 65,1%. Dari hasil tersebut mengandung arti bahwa variabel kecemasan matematis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Peserta didik yang mempunyai kecemasan yang tinggi akan berdampak negatif bagi kemampuan berpikir kritis peserta didik dan akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika, dibandingkan dengan peserta didik yang mempunyai kecemasan rendah. Sehingga diharapkan kepada guru matematika agar lebih memperhatikan tingkat kecemasan peserta didik dalam pelajaran matematika dengan cara guru lebih berinteraksi dengan peserta didik agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak mengalami kecemasan dalam belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematis, Berpikir Kritis; Matematis
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:33
Last Modified: 26 Jul 2023 04:33
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item
View Item