Faktor-faktor yang menghambat pemahaman mahasiswa pendidikan bahasa Arab angkatan 2020 Universitas Islam Negeri Datokarama dalam pembelajaran bahasa Arab yang berbasis dalam jaringan (daring)

H.K, M. Fitrah Andira Pratama (2022) Faktor-faktor yang menghambat pemahaman mahasiswa pendidikan bahasa Arab angkatan 2020 Universitas Islam Negeri Datokarama dalam pembelajaran bahasa Arab yang berbasis dalam jaringan (daring). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of M. Fitrah Andira Pratama H.K_FTIK_PBA18_.pdf] Text
M. Fitrah Andira Pratama H.K_FTIK_PBA18_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi karna adanya model pembelajaran bahasa Arab yang sedikit berbeda dari pembelajaran pada umumnya, yaitu dimana pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan tatap muka namun sekarang dilakukan dengan cara dalam jaringan (daring), dan tentu saja dengan adanya model pembelajaran tersebut akan menghadirkan hambatan baru, maka dengan hal tersebut peneliti ingin mencari tahu apa saja faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan dengan pembelajaran berbasis dalam jaringan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara virtual, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Faktor-faktor penghambat penelitian terbagi atas 2 yaitu faktor eksternal (faktor dari luar diri mahasiswa) dan faktor internal (faktor dari dalam diri mahasiswa), dimana faktor eksternal memiliki 2 indikator seperti faktor sosial dan non social dan adapun faktor internal memiliki 2 indikator yaitu fisiologis dan psikologis, kemudian peneliti juga melakukan analisis tentang faktor dominan yang menjadi hambatan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang dimana faktor internal menjadi faktor yang mendominasi hal ersebut.
Implikasi dalam penelitiam ini: Mengarahkan kepada dosen untuk lebih interaktif demi mencapai prinsip pembelajaran berbasis dalam jarigan. Kemudian mengarahkan mahasiswan untuk menyadari kekurangan diri sendiri serta mengantisipasi faktor-faktor yang bisa menjadi hambatan pemahaman dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:55
Last Modified: 28 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item
View Item