Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Pelaku Usaha Mikro Di Masa Pandemi Covid 19 Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Jajanan Tape Khas Bugis Arya Azril Di Kelurahan Duyu)

Irmayani, Irmayani (2023) Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Pelaku Usaha Mikro Di Masa Pandemi Covid 19 Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Jajanan Tape Khas Bugis Arya Azril Di Kelurahan Duyu). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI FULL IRMAYANI S.E.pdf] Text
SKRIPSI FULL IRMAYANI S.E.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maraknya pandemi covid 19 menyebabkan terjadinya guncangan pada perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia. Pandemi covid 19 secara tidak langsung telah mendorong perubahan beralihnya bisnis offline menuju bisnis digital. Salah satu usaha mikro yang terkena dampak pandemi covid 19 yaitu Tape Khas Bugis Arya Azril yang memanfaatkan digital marketing untuk menjual dan memasarkan produknya demi meningkatkan omset penjualan di tengah pandemi covid 19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan pada pelaku usaha mikro di masa pandemi covid 19 pada jajanan Tape Khas Bugis Arya Azril, untuk mengetahui perspektif Etika Bisnis Islam dalam menyikapi peran digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan pada pelaku usaha mikro di masa pandemi covid 19 pada jajanan Tape Khas Bugis Arya Azril. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tape Khas Bugis Arya Azril pada masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan pendapatan, yaitu digital marketing pada menekan biaya promosi usaha dengan tingkat efesiensi tinggi, dapat memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan, tampilan menarik di media sosial memberikan nilai positif bagi calon konsumen, berperan dalam hal berkomunikasi antara pemilik usaha dengan konsumen. Dan juga dinilai telah sesuai dengan prinsi-prinsip bisnis Rasulullah SAW. yaitu Shiddiq adalah suatu sikap yang jujur, tegas dalam hal timbangan, Amanah adalah tidak menambah harga jual yang telah ditentukan kecuali atas pengetahuan pemilik barang, Fathanah berarti cakap atau cerdas yang berkaitan dengan strategi pemasaran, tabligh adalah memiliki kemampuan untuk berbicara dengan cara-cara yang santun. Hanya saja pemilik usaha mikro Tape Khas Bugis Arya Azril harus lebih memahami lagi tentang digital marketing dan bisa mendesain produknya sebagus mungkin agar membuat para konsumen tertarik untuk membeli, dan harus memahami fitur-fitur yang ada aplikasi Instagram agar lebih meningkatkan omset penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Omset Penjualan, Covid-19
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:42
Last Modified: 03 Aug 2023 02:42
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item
View Item