Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Entrepreneurship Pembuatan Minyak Kelapa Masyarakat Desa Dampal Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala

Mulyafana, Mulyafana (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Entrepreneurship Pembuatan Minyak Kelapa Masyarakat Desa Dampal Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI MUYA ok.pdf] Text
SKRIPSI MUYA ok.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam prosesnya, Kelompok Entrepreneurship Nadoli Nasintuvu Desa Dampal Kec. Sirenja Kab. Donggala sebagian besar masih menggunakan cara manual meskipun untuk proses pencukuran dan pemerasan sudah menggunakan mesin tetapi sebagian masih menggunakan alat-alat tradisional. Proses pembuatan minyak kelapa juga sangat banyak memerlukan kerjasama antar anggotanya. dalam proses pembuatannya pun semua ikut bekerja baik ketua, sekretaris, bendahara, marketing beserta anggota. Sehingga hasil dari penjualan minyak kelapa dibagi dengan jumlah yang sama. (2) Adapun Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam proses entrepreneurship Nadoli Nasintuvu di Desa Dampal Kec. Sirenja Kab. Donggala yakni mencakup pada sikap; Menunda Pekerjaan Untuk Melaksanakan Salat, At-Tafaul, Mandiri, Pandai Mengatur Waktu, Disiplin, At-takaful, Peduli, Taawun, Ash-shiddiq, Al shabru, Syukur, Musyawarah, dan Jiwa Sosial. Anggota Entrepreneur bukan hanya memusatkan fokus pada aspek kerja saja namun lebih dari itu mereka melihat bekerja merupakan wasilah untuk menjalankan perintah Allah agar mencari karuniaNya. Sehingga para anggota entrepreneurship pembuatan Minyak Kelapa Dampal mencerminan sikap keimanan dan akhlak mulia (insan al-kamil) dalam proses entrepreneurshipnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 31 Aug 2023 05:33
Last Modified: 31 Aug 2023 05:33
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item
View Item