Tipe Kesalahan Newman Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik

Bagus, Bagus (2023) Tipe Kesalahan Newman Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI BAGUS.pdf] Text
SKRIPSI BAGUS.pdf

Download (22MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan penalaran tinggi cenderung melakukan kesalahan keteramilan proses dan saat menulis jawaban akhir karena tidak terbiasa menuliskan kesimpulan berdasarkan soal yang diberikan. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan penalaran sedang cenderung melakukan kesalahan pada membaca soal, memahami masalah, tranformasi keterampilan proses karena kurang teliti dalam menghitung, serta melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir, karena peserta didik tidak terbiasa menulis kesimpulan berdasarkan soal yang diberikan. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan penalaran rendah memiliki masalah dari membaca soal. Melakukan kesalahan ditahapan mengubah soal karena tidak menuliskan model matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal karena kurang memahami materi, kesalahan ditahapan keterampilan proses karena tidak mengerti metode apa yang dipakai dalam menyelesaikan masalah dalam soal cerita tersebut dan juga tidak dapat menyelesaikan proses perhitungannya karena tidak memahami masalah pada soal. Dan kesalahan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:13
Last Modified: 20 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item
View Item