Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Poso

Sawala, Siti Nur Fadhilah (2022) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Poso. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SITI NUR FADHILAH SAWALA_171010048_PAI.pdf] Text
SITI NUR FADHILAH SAWALA_171010048_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi pengelolaan kelas yang dilakukan guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Poso berjalan dengan efektif dapat dilihat dari cara guru mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum masuk mengajar ke dalam kelas. Selain itu cara yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dari awal kegiatan pembelajaran sampai akhir pembelajaran selalu memberikan motivasi yang dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pengelolaan kelas berasal dari peserta didik itu sendiri yang ditandai dengan senangnya peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Guru juga adalah salah satu fakor pendukung pengelolaan kelas berjalan lancar. Adapun faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pengelolaan kelas salah satunya peserta didik itu sendiri yang ditandai dengan masih adanya peserta didik yang bermain-main selam pembelajaran berlangsung. Selain itu juga faktor sarana dan prasarana yang kurang merata penyebaran menjadi kendala menjadi hambatan guru dalam melakukan proses pengelolaan kelas selama pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:26
Last Modified: 20 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item
View Item