Manajemen Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Di Taman Pengajian Al-Qur'an Desa Tinombala Sejati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong

Nuryadi, Nuryadi (2019) Manajemen Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Di Taman Pengajian Al-Qur'an Desa Tinombala Sejati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of skripsi Nuryadi S,Pd..pdf] Text
skripsi Nuryadi S,Pd..pdf

Download (24MB)

Abstract

Skripsi ini berkenaan dengan penelitian tentang manajemen pembelajaran baca tulis al-qur'an di taman pengajian Al-Qur'an Muhajirin Desa Tinombala Sejati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong.

Manajemen Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di taman pengajuan Al-Qur'an Desa Tinombala Sejati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong dimulai semenjak didirikan dan adanya pelatihan dimana setiap pendidik di tuntut untuk membuat manajemen pembelajaran agar peserta didik jauh lebih aktif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: pertama Bagaimana Bentuk manajemen pengembangan program pembelajaran di Taman Pengajian Al-Qur'an Muhajirin Desa Tinombala Sejati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong. Kedua apa kendala Manajemen pembelajaran di taman Pengajian Al-Qur'an Muhajirin Desa Tinombala Sejati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong.

Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang digunakan sebagai metode pendekatan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah, pertama bentuk pelaksanaan manajemen program pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran adalah kedisiplinan dan perhatian penuh para pendidik yakni dalam membimbing para pengurus organisasi dalam menjalankan segala tugas - tugas dan program kerja yang telah mereka susun. Kedua kendala dalam bentuk pelaksanaan manajemen program pembelajaran adalah sebagai berikut karakteristik peserta didik yang berbeda - beda serta kurang nya waktu yang di berikan dalam proses pembelajaran menjadi faktor penghambat guna mensukseskan pembelajaran dan dasar yang kurang cukup dalam pembelajaran mengaji.

Saran bagi semua komponen para guru agar proses belajar mengajar dengan teknik yang bervariasi dapat terus di berikan kepada peserta didik sehingga menambah motivasi dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. dalam pelaksanaannya, diharapkan dari peserta didik semakin senang agar lebih semangat dan selalu aktif dalam mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan proses pendidikan dan pembelajaran baca tulis al-qur'an di taman pengajian Al-Qur'an Muhajirin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Taman pengajian; manajemen pembelajaran; baca tulis al-qur'an; Parigi Moutong
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:42
Last Modified: 25 Sep 2023 06:42
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item
View Item