Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al-Ihsan Parigi Kab. Parigi Moutong

Dewi, Diana Sutra (2023) Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al-Ihsan Parigi Kab. Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of DIANA SUTRA DEWI_191010097_PAI.pdf] Text
DIANA SUTRA DEWI_191010097_PAI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al-Ihsan Parigi Kab. Parigi Moutong. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Bentuk Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al�Ihsan Parigi Kab. Parigi Moutong ? Bagaimana Hasil Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al-Ihsan Parigi Kab. Parigi Moutong ?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al-Ihsan Parigi Kab. Parigi Moutong terdapat empat pelaksanaan muraja`ah hafalan Al-qur`an yaitu : 1) Muraja`ah hafalan bersama-sama dan disimak oleh ustadz/ustadzah, 2) Muraja`ah hafalan Al�qur`an dilakukan bersama teman, 3) Muraja`ah hafalan yang lama dan baru kepada ustadz/ustadzah, 4) Ujian hafalan Al-qur`an. Adapun Hasil Penerapan Metode Muraja`ah dalam Menghafal Al-qur`an Peserta Didik SDIT Al-Ihsan Parigi Kab.
Parigi Moutong yaitu Para peserta didik telah mencapai target hafalan Al-qur`an dengan baik sesuai dengan yang telah diprogramkan di sekolah yaitu hafal juz 29 & 30, peserta didik mampu menghafal Al-qur`an sesuai dengan makhraj dan tajwidnya. Hafalan peserta didik setelah penerapan metode muraja`ah menjadi lebih lancar, tartil dan fashih.
Implikasi penelitian adalah sebaiknya bagi pihak sekolah, kelengkapan sarana dan prasarana agar segera disediakan karena merupakan salah satu penunjang keberhasilan suatu pendidikan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Bagi pihak guru, proses pembelajaran diperlukan keaktifan dan motivasi peserta didik, memperhatikan kesiapan dan konsentrasi peserta didik seperti mengarahkan peserta didik untuk memuraja`ah hafalan Al-qur`an. Bagi Peserta didik, diharapkan agar lebih aktif dalam meningkatkan pemahaman dalam mata pelajaran hafalan Al�qur`an serta lebih berani dan percaya diri dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode muraja`ah ; menghafal al-qur`an ; peserta didik SDIT Al-Ihsan Parigi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:45
Last Modified: 03 Oct 2023 07:45
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item
View Item