Problematika Keragaman Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Serta Kebijakan Program Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Datokarama Palu

Putri, Fani Fadhila (2023) Problematika Keragaman Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Serta Kebijakan Program Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Datokarama Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRISPSI FANI LENGKAP.pdf] Text
SKRISPSI FANI LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika keragaman latar belakang pendidikan mahasiswa serta kebijakan program pembelajaran di Program studi Pendidikan Bahasa Arab Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini berangkat dari beberapa pokok permasalahan, yakni: Apa saja problematika pembelajaran bahasa Arab terkait keragaman latar belakang pendidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Datokarama Palu Tahun Akademik 2021 dan bagaimana kebijakan program pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Datokarama Palu terhadap keragaman latar belakang pendidikan mahasiswa.
Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian dengan beberapa metode dan menggunakan teknik analisis kualitatif. Penulis menemukan beberapa problem yang berkaitan dengan keragaman latar belakang pendidikan Mahasiswa Program Studi Pendidikan bahasa Arab yaitu: (1) problem Kecakapan Bahasa, meliputi: Problem Tata Bunyi (Ashwat Arabiyah), Problem Kosakata (Mufradat), Problem Qawa’id dan I’rab, Problem Tarakib (Struktur Kalimat) dan Problem Tulisan (Kitabah), (2) problem psikologis, meliputi: kurangnya motivasi belajar, timbulnya kemalasan dalam belajar, dan timbulnya perasaan cemas, kurang mampu dan takut dalam belajar, serta timbulnya rasa kurang percaya diri (3) problem intelektual, meliputi: kesenjangan pembelajaran, penyesuaian kemampuan, serta pelambatan pembelajaran dan (4) problem sosial, meliputi: status sosial ekonomi orang tua, lingkungan berbahasa, serta sarana dan prasarana dalam belajar.

Dari beberapa problematika yang penulis jabarkan. Maka kebijakan program pembelajaran yang diberikan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu, Upaya yang dilakukan dosen: memberikan motivasi dan semangat setiap proses mengajar memberikan wadah kepada seluruh mahasiswa PBA untuk belajar selain di ruang kelas, membuat kelompok kecil dalam kelas berdasarkan kemampuan mahasiswa. adapun Upaya yang dilakukan Program Studi: penyediaan berbagai beasiswa dan sarana prasarana yang lebih baik untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran, bekerjasama dengan HMPS PBA melalui kegiatan-kegiatannya yang menunjang mahasiswa dalam belajar bahasa Arab selain di ruang kelas perkuliahan. bertindak tegas kepada dosen yang tidak aktif dalam pengajaran, dan mendukung wadah dosen yang dengan sukarela memberikan pengajaran bahasa Arab kepada mahasiswa di luar kelas perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:54
Last Modified: 23 Feb 2024 07:54
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item
View Item