PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Fitriana, Fitriana (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of FITRIANA.pdf] Text
FITRIANA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran Matematika di MI Muhammadiyah Nunu yaitu menggali informasi melalui mengamati, bertanya, menalar, mencoba dan mengelolah data dan informasi kemudian menyimpulkan. Pertama dari guru yaitu dalam proses pembelajaran masih sering menggunakan metode ceramah sehingga dalam pembelajaran masih monoton dalam ruang kelas dan belum mampu memanejemenkan waktu yang telah diberikan, solusinya seorang guru harus menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, sedangkan kendala dari peserta didik itu sendiri adalah kurangnya memahami materi yang diajarkan dan kurangnya peserta didik bertanya kepada guru sehingga hal ini yang menjadi hambatan dalam membantu, membina dan membimbing peserta didik tersebut melalui pendekatan scientific. Sedangkan
solusi untuk pendidik sendiri adalah pengurangan butir soal agar peserta didik tidak terbebani dengan soal yang telah diberikan, selain itu pendidik juga harus mampu menciptakan ruang belajar yang menyenangkan dengan menggunakan metode seperti permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:34
Last Modified: 26 Jan 2022 18:15
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item
View Item