Penerapan Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Anak Mandiri Palu

Jannah, Fatkhul (2023) Penerapan Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Anak Mandiri Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI_FATKHUL_J._FIX[1].pdf] Text
SKRIPSI_FATKHUL_J._FIX[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa guru TK Islam Terpadu Anak Mandiri menggunakan permainan kartu huruf untuk mengenalkan bentuk-bentuk huruf hijaiyah kepada anak-anak. Permainan kartu huruf di gunakan agar memudahkan anak-anak mengenal huruf hijaiyah. Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pengenalan huruf hijaiyah kepada anak anak. Faktor penghambat pengenalan huruf hijaiyah di TK Islam Terpadu Anak Mandiri yakni daya tangkap anak-anak berbeda-beda, ada yang cepat mengetahui bentuk huruf hijaiyah ada yang belum. Selain itu, orang tua harus mengulangi pengenalana huruf hijaiyah kepada anak-anak ketika dirumah. Akan tetapi kadang anak-anak mau di ajar kadang tidak mau. Sedangkan faktor pendukung pengenalan huruf hijaiyah di TK Islam Terpadu Anak Mandiri yakni guru TK Islam Terpadu Anak Mandiri menggunakan permainan kartu huruf untuk mengenalkan bentuk-bentuk huruf hijaiyah kepada anak-anak. Selain itu, guru menggunakan lagu untuk mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak-anak agar mereka tidak cepat bosan. Jadi, mereka bisa belajar mengenal huruf hijaiyah sambil bernyanyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:41
Last Modified: 09 Nov 2023 04:41
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item
View Item