Analisis Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas V di MI An-Naarojil Desa Kalukubula

Nisya, Fatun (2023) Analisis Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas V di MI An-Naarojil Desa Kalukubula. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Fatun nisya.pdf] Text
Skripsi Fatun nisya.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas V di MI An-Naarojil masih rendah. Karena dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada kelas V di Madrasah disebabkan beberapa problematika diantaranya problematika pada saat proses pembelajaran yang sedang berlangsung, problematika yang berhubungan dengan materi ajar, problematika yang berhubungan dengan alokasi waktu, problematika yang berhubungan dengan metode ajar, problematika yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan peserta didik, dan problematika yang berhubungan dengan sarana dan prasarana. Kemudian upaya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas V belum ada upaya guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dengan motivasi, dikarenakan guru ketika diawal pembelajaran langsung menjelaskan materi ajar kepada peserta didik tanpa adanya motivasi terlebih dahulu. Adapun Solusinya guru bisa memberikan informasi pada peserta didik mengenai hubungan antar suatu materi pembelajaran kemateri pembelajaran lain, selain itu guru juga dapat menggunakan berbagai macam metode untuk men ingkatkan daya tarik peserta didik pada suatu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:03
Last Modified: 10 Nov 2023 07:03
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item
View Item