Penggunaan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Ittihad DDI Soni Kabupaten Tolitoli

Ulya, Mushlihatul (2023) Penggunaan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Ittihad DDI Soni Kabupaten Tolitoli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama palu.

[thumbnail of Mushlihatul ulya_191020053_Pendidikan Bahasa Arab.pdf] Text
Mushlihatul ulya_191020053_Pendidikan Bahasa Arab.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan penggunaan metode tutor sebaya (Peer Tutoring) dalam proses pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas I IPA 1 Madrasah Aliyah Al-Ittihad DDI Soni.Tujuan dilakuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tutor sebaya terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tahapan yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis pada tiap akhir pertemuan dan pengolahan data terlaksana sebanyak 6 kali tes tertulis. Data tersebut meliputi data aktivitas peserta didik yang diperoleh dari observasi peserta didik pengamatan langsung dalam kelas, mengamati aktivitas guru dalam penerapan metode tutor sebaya dan data hasil belajar atau penilaian harian yang diperoleh melalui tes tertulis pada setiap akhir pertemuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajran yang dilakukan adalah pendekatan pembelajaran langsung, evalusai pembelajran yang dilakukan lebih kepada tes tertulis yang mana penggunaan metodenya adalah tutor sebaya, terdapat beberapa fase yaitu persiapan, penyelenggaraan dan evaluasi. Metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik hal ini dapat dilihat dari setiap hasil tes belajar yang menunjukkan presentase peningkatan dari setiap pertemuan, pertemuan pertama sebelum menggunakan metode tutor sebaya daya serap kalsikalnya 57%, penilaian harian kedua yang sudah menggunakan metode tutor sebaya memperoleh 71%, penilaian harian ketiga memperoleh nilai 76%, penilaian harian keempat memperoleh nilai 86%, penilaian harian kelima memperoleh nilai 90%. Terdapat korelasi antara tes dan proses pembelajaran yang menggunakan metode tutor sebaya yaitu adanya peningkatan proses dan hasil belajar, presentase peningkatan sebesar 33%. Jadi, dapat dikatakan bahwa metode tutor sebaya cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Al-Ittihad DDI Soni Kabupaten Tolitoli.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan akan memberikan dorongan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab di MA Al-Ittihad DDI Soni untuk meningkatkan pengawasan dan kontrol terhadap peserta didik selama proses pembelajaran, utamanya ketika menggunakan metode tutor sebaya agar kegiatan diskusi lebih terkendali. Serta diharapkan kepada peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan serius dan memfokuskan perhatian sepenuhnya pada materi yang disampaikan baik oleh guru maupun tutor selama kegiatan belajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya ; hasil belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:49
Last Modified: 04 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item
View Item