Peranan Badan Dakwah Madrasah Dalam Membangun Karakter Siswa di MAN Poso

Kusuma, Agung (2023) Peranan Badan Dakwah Madrasah Dalam Membangun Karakter Siswa di MAN Poso. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of PERANAN BADAN DAKWAH MADRASAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI MAN 1 POSO (2)-1 (1).pdf] Text
PERANAN BADAN DAKWAH MADRASAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI MAN 1 POSO (2)-1 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memebahas tentang "Peranan Badan Dakwah Madrasah dalam Membangun Karakter Siswa di MAN I Poso". Penelitian ini berfokus pada: (1) Bagaimana peranan Badan Dakwah Madrasah dalam membangun karakter siswa. (2) Apa hambatan dan solusi Badan Dakwah Madrasah dalam membangun karakter siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Peran dan strategi Badan Dakwah Madrasah dalam Membangun Karakter Siswa Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Agar data yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peranan Badan Dakwah Madrasah memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan karakter siswa di MAN 1 Poso contohnya seperti menjadi wadah pembinaan dan pelatihan siswa menjadi pendakwah, sebagai wadah siswa mengembangkan kemampuan diri untuk meraih prestasi, membentuk siswa agar dapat memberikan kontribusi pada masyarakat khususnya bidang agama, sebagai wadah untuk mengarahkan dan mengawasi siswa untuk berkarakter yang baik dan menghindari siswa dari pemahaman-pemahaman radikalisme yang merugikan diri sendiri maupun lingkunganya. Badan Dakwah Madrasah di MAN 1 Poso memiliki hambatan berupa pendanaan transportasi, keterbatasan aktivitas saat wabah Covid dan penyesuaian jadwal karena madrasah tersebut baru menerapkan kurikulum merdeka. Namun pihak guru maupun pembina Badan Dakwah Madrasah berupaya mencarikan solusi dari kendala tersebut seperti persoalan pendanaan transportasi guru ataupun pembina berinisiatif meminjamkan kendaraan bahkan mengantarkan siswa ke tempat tujuan ceramah maupun khutbah, memulai kembali dari awal seusai wabah Covid dan pembina berupaya menentukan jadwal kegiatan rutin. Hasil penelitian ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di MAN 1 Poso.
Implikasi yang akan diperoleh pihak madrasah yaitu harus terus mendukung secara penuh setiap kegiatan yang dilaksanakan Badan Dakwah Madrasah dan lebih memperhatikan pelaksanaan program-program dari Badan Dakwah Madrasah tersebut. Penulis juga berharap hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:08
Last Modified: 08 Dec 2023 03:08
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item
View Item