Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan di MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu

Indayani, Nurul (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan di MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Nurul Indayani_191230001_Tadris IPA.pdf] Text
Nurul Indayani_191230001_Tadris IPA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu. Variabel bebas dalam penelitian ini media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu, sedangkan sampelnya yakni kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol) yang diambil dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial.
Hasil olah data statistik menggunakan program SPSS 26 menunjukkan bahwa hasil uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0, 003 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di MTs Nurul Hasanah Kota Palu. Jadi berdasarkan uji perbedaan nilai prestest dan posttest kedua kelas tersebut yaitu terdapat perbedaan kemampuan awal peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini ialah diharapkan kepada guru, dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih memudahkan peserta didik untuk menyerap lebih baik materi yang telah disampaikan oleh guru dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa media audio visual untuk mengembangkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media audio visual; pemahaman konsep;
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:49
Last Modified: 11 Dec 2023 03:49
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item
View Item