Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV SDN 15 Banawa Selatan

Nurhafifah, Nurhafifah (2022) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV SDN 15 Banawa Selatan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI NURHAFIFAH.pdf] Text
SKRIPSI NURHAFIFAH.pdf

Download (17MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan dapat menciptakan pengalaman langsung pada saat proses pembelajaran dengan cara mengamati tumbuhan yang ada disekitar mereka pada mata pelajaran IPA, sumber belajar mempermudah guru untuk mencapai tujuan pembelajaran, sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA mempermudah seorang guru untuk menyapaikan materi yang diajarkan dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan tidak bingung dengan materi yang dijelaskan oleh guru. Adapun hambatan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah pada mata pelajaran IPA yaitu kurangnnya waktu belajar. Solusi dari hambatan itu adalah dalam pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dengan menyedarhanakan materi yang akan diajarkan agar lebih mudah dan cepat ditanggapi oleh peserta didik, sehingga dalam pembelajaran waktu akan berjalan dengan efesien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:22
Last Modified: 04 Jun 2024 06:22
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3069

Actions (login required)

View Item
View Item