Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu

Sasnita, Afriyani and Musyahidah, Siti and Nursyamsu, Nursyamsu (2020) Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1 (2). pp. 70-88. ISSN 2686-6633

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu Afriyani Sasnita Siti Musyahidah Nursyamsu Nursyamsu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam terhadap keputusan pembelian busana Muslimahpada mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Dengan menggunakan tehnik proportionalstratified random sampling, sampel yang digunakan 83 responden, yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswi yang pernah berbelanja busana Muslimah. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana Muslimah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu serta telah memenuhi syarat uji regresi sederhana yakni hasil olahan data menunjukan bahwa perolehan model persamaan regresi yaitu Y= 12,380 + 0,436X. Koefisien regresi variabel etika bisnis Islam (X) berpengaruh terhadap keputusan pembelian busana Muslimah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah IAIN Palu sebesar 0,436, uji koefisien kolerasi menunjukan bahwa R sebesar 0,349 ini menunjukan bahwa variabel etika bisnis Islam (X) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 34,9% terhadap keputusan pembelian busana Muslimah (Y). Sedangkan sisanya (100% - 34,9% = 65,1%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar variabel yang diteliti.
04 11 2020 70 88 10.24239/jiebi.v1i2.12.70-88 https://jurnaljiebi.org/index.php/jiebi/article/view/12 https://jurnaljiebi.org/index.php/jiebi/article/download/12/11 https://jurnaljiebi.org/index.php/jiebi/article/download/12/11

Item Type: Article
Subjects: Social Sciences > Economic Theory
Social Sciences > Economic History and Conditions
Economy & Business > Business
Economy & Business > Entrepreneurship
Economy & Business > Halal Fashion
Economy & Business > Halal Industries
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email jurnaljiebi@iainpalu.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:14
Last Modified: 23 Mar 2021 04:14
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item