Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Non Muslim Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SMA Negeri 1 Palu

Nurlinda, Nurlinda (2019) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Non Muslim Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SMA Negeri 1 Palu. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of NURLINDA.pdf] Text
NURLINDA.pdf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan belajar yang dialami peserta didik non muslim dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 1 Palu. Kesulitan yang dialami peserta didik non muslim meliputi kesulitan belajar bahasa bentuk linguistik dan non linguistik. Kesulitan belajar bahasa bentuk lingusitik merupakan kesulitan dalam memahami struktur bahasa, mencakup kesulitan belajar dari segi ashwat (bunyi), nahwu sharaf (tata bahasa), mufradat (perbendaharaan kata), dan ‘imla (tulisan). Kesulitan belajar bentuk non linguistik yang meliputi kesulitan belajar yang disebabkan faktor peserta didik non muslim itu sendiri, guru, sarana prasarana yang kurang memadai, serta alokasi waktu yang minim. Untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik non muslim, guru melakukan upaya-upaya berupa mengidentifikasi latar belakang peserta didik non muslim, memberikan penjelasan tentang bahasa Arab sebagai bahasa Internasional, mengenalkan huruf hijāiyyah dan bunyi huruf, mengulang materi pembelajaran, dan memberikan motivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Education (General)
Education > Theory and practice of education > Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainul Yaqin 007
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:14
Last Modified: 17 Dec 2021 06:14
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item