Efektivitas Penerapan Metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Khairaat Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali

Nurhana, Nurhana (2018) Efektivitas Penerapan Metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Khairaat Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of NURHANA.pdf] Text
NURHANA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penerapan Metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), sudah baik yaitu dengan penerapan metode iqra’ guru dapat mengajarkan peserta didik dengan membaca, menulis Al-Qur’an serta cara menyambungkan huruf-huruf hijaiyah 2. Efektivitas penerapan metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai peserta didik yaitu dengan beberapa kriteria penilaian dalam membaca Al- Qur’an dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) yaitu: Makraj, fasih dan kelancaran.3. Adapun faktor penghambatnya adalah masih banyaknya peserta didik yang belum lancar membaca dan menulis Al-Quran disebabkan Kurang adanya kesadaran dari sebagian orang tua yang memperhatikan anaknya dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di rumah. Faktor pendukungnya adalah adanya minat dan motivasi dari peserta didik yang tinggi untuk mau belajar membaca dan menulis Al-Qur’an dan jumlah peserta didik yang banyak sehingga guru dengan mudah menerapkan metode dalam pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an (BTQ). Solusinya adalah kepala madrasah dan guru harus lebih aktif lagi untuk meningkatkan sistem pelaksanaan pembelajaran terutama dalam penerapan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 04 Jan 2022 00:49
Last Modified: 04 Jan 2022 00:49
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item