Integrasi Nilai-Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengukur Kemampuan Motorik Kasar Anak Di PAUD IT Anak Mandiri Palu

Lisdayanti, Lisdayanti (2020) Integrasi Nilai-Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengukur Kemampuan Motorik Kasar Anak Di PAUD IT Anak Mandiri Palu. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of LISDAYANTI.pdf] Text
LISDAYANTI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) bentuk integrasi nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional lompat tali pada kelas B di PAUD IT Anak Mandiri Palu sudah terlihat penyatuan antara nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional lompat tali, nilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan lompat tali ada 8 nilai nilai karakter yaitu religious, sabar menunggu giliran, dapat dipercaya, kerjasama, kerja keras, sportivitas, ketangkasan dan kecermatan. Dimasa pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran melalui model luring (luar jaringan), jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan. Model pembelajaran luring (luar jaringan) yaitu guru mendatangi rumah setiap peserta didik dengan waktu seminggu sekali, maka dalam permainan tradisional lompat tali yang membantu memegang tali pada saat melompat yaitu orang tua murid. 2) Bentuk penilaian kemampuan motorik kasar anak dalam permainan tradisional lompat tali yaitu, dilihat dari proses pelaksanaan kegiatan dan peraturan permainan tradisional lompat tali yang telah ditentukan seperti tidak menyentuh tali pada saat melompat dan mengukur tinggi tali dengan lompatan yang akan dilakukannya. Proses pelaksanaan kegiatan penilaian kemampuan motorik kasar anak dalam permainan tradisional lompat tali dilaksanakan sesuai dengan Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan pembelajaran dilaksanakan secara luring (luar jaringan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Education (General)
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:34
Last Modified: 05 Jan 2022 02:34
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item
View Item