Utilizing Audio Visual Aids To Improve English Speaking Skill For The Eight Grade Students Of SMP Negeri 3 Banawa

Irmawati, Irmawati (2019) Utilizing Audio Visual Aids To Improve English Speaking Skill For The Eight Grade Students Of SMP Negeri 3 Banawa. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of IRMAWATI.pdf] Text
IRMAWATI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banawa dalam penggunaan audio visual. Penelitian ini dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Peneliti bekerja secara kolaboratif dengan Guru Bahasa Inggris dan siswa. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes siklus I dan tes siklus II. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi selama pelaksanaan tindakan; wawancara dengan Guru Bahasa Inggris dan siswa kelas delapan dari kelas VIII A; dan diskusi dengan Guru Bahasa Inggris. Data berupa catatan lapangan, transkrip wawancara, dan foto. Keabsahan data diperoleh dengan menerapkan pemanfaatan Audio Visual, hasil dan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan audio visual. Audio visual yang digunakan dalam penelitian ini adalah video dan slide. Video diambil dari youtube.com dalam bentuk dialog dengan ekspresi tertentu. Video ini dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajarnya. Siswa dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan bahasa Inggris dalam situasi nyata ketika mereka mempelajari model bahasa Inggris yang sesuai melalui alat bantu audio-visual (video dan slide). Siswa melakukan peningkatan dalam beberapa aspek keterampilan berbicara, seperti kefasihan dan kemampuan memahami. Mereka lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Mereka memiliki lebih banyak kesempatan untuk berbicara. Mereka berpartisipasi aktif selama proses belajar mengajar. Selain itu, mereka tidak segan-segan bertanya kepada guru bila menemui kesulitan. Temuan penelitian ini juga didukung oleh hasil prestasi berbicara siswa yang meningkat dari 57,78 pada siklus I menjadi 72,67 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:50
Last Modified: 06 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item
View Item