Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 15 Banawa Selatan

Asriani, Asriani (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 15 Banawa Selatan. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of SKRIPSI ASRIANI PDF.pdf] Text
SKRIPSI ASRIANI PDF.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA yaitu dapat meningkatkan minar belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match terlebih dahulu guru menyiapkan perangkat pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, serta menyampikan manfaat dari pelajaran tersebut. Selanjutnya guru menjelaskan materi kemudian menyiapkan kartu-kartu yang terdiri dari kartu jawaban dan pertanyaan, kemudian membagi kartu tersebut kepada peserta didik, setiap peserta didik mendapat satu buah kartu, peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya, guru memberikan poin bagi setiap pasangan yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu yang ditetapkan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yaitu kemampuan peserta didik yang terbatas, dan motivasi peserta didik yang mulai menurun pada saat jam terakhir pembelajaran. Sedangkan solusi yang dilakukan guru adalah meningkatkan kemampuan peserta didik dan memberikan motivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:58
Last Modified: 07 Jan 2022 06:58
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item
View Item