Penggunaan Media Visual Dalam Peningkatan Belajar Peserta Didik Tunagrahita ( Studi Pada Pendidik Di SMP LB Negeri Marawola Kab.Sigi)

Ningsi, Firda (2020) Penggunaan Media Visual Dalam Peningkatan Belajar Peserta Didik Tunagrahita ( Studi Pada Pendidik Di SMP LB Negeri Marawola Kab.Sigi). Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of firda ningsih.pdf] Text
firda ningsih.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian, menunjukan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik tunagrahita di SMP LB Negeri Marawola, hal ini terlihat dari aspek, sikap, keterampilan, sosial, spiritual, dan mudahnya menyerap pembelajaran. Kendala yang dihadapi pendidik, khususnya pendidik Agama Islam dan Agama kristen yaitu anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki IQ yang rendah, super aktif, memiliki gejala-gejala yang berbeda, tidak mudah fokus pada materi yang diberikan oleh pendidik, suka berbicara sendiri, tingkat emosional yang tinggi sehingga mudah tersinggung sampai berdampak pada tindak kekerasan baik pada pendidik maupun teman sekelasnya, adapun solusi dari masalah di atas yaitu ketika pendidik mengajar di awal pertemuan, pendidik harus membuat kesan yang baik pada peserta didik tunagrahita agar mereka senang, kemudian memfokuskan perhatian, memberi motivasi, memberi pujian, memberikan reward, trik, melakukan pendekatan dari hati ke hati, dan sebagai seorang pendidik harus menanamkan sikap sabar kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:11
Last Modified: 10 Jan 2022 06:11
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item
View Item