Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala

Misbah, Misbah (2020) Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of MISBA.pdf] Text
MISBA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berkenaan dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 2 Sirenja Kecamatan Sirenja, Bagaimana cara memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Sirenja Kabupaten Donggala? Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN 2 Sirenja Kabupaten Donggala?
Menjawab masalah tersebut Penulis menggunakan metode jenis penelitian kualitatif. Peneliti terjun langsung di lapangan berusaha untuk mencari dan mendapatkan data-data mengenai objek kajian penelitian dan kemudian berusaha menjawab rumusan masalah penelitian berdasarkan data-data yang diperoleh, dengan cara mendeskripsikannya dalam bentuk narasi. “Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta dan sifat objek tertentu.
Dengan menggunakan media pembelajaran yang variatif, peserta didik cenderung menyukai pembelajaran dalam bentuk tampilan film karena dapat menarik minat peserta didik. Guru juga dapat membangkitkan semangat peserta didik dengan cara memberikan pertanyaan atau peserta didik diberikan kesempatan untuk membantu guru dalam mengulas kembali pembelajaran sebelumnya. Cara memotivasi peserta didik cukup sederhana namun memberikan kesan yakni dengan mengucapkan kata “Hebat” atau “Pintar” peserta didik merasa senang dan peserta didik yang lain merasa termotivasi, pemberian hukumanpun dinilai sangat bermanfaat karena hukuman yang diberikan beruoa hafalan bukan kekerasan fisik, sehingga diberikan hukuman sekalipun peserta didik juga bisa belajar.
Bagi Orang tua, guru dan masyarakat sekitar dapat menjalin kerja sama yang baik agar dapat memberikan semangat, dukungan serta pengawasan bagi peserta didik dalam melakukan proses belajar dimana saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:38
Last Modified: 24 Jan 2022 05:38
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item
View Item