Strategi Pemasaran Gula Merah Di Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Wilna, Wilna (2018) Strategi Pemasaran Gula Merah Di Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of wilna.pdf] Text
wilna.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan di Desa Lende yaitu pengrajin mendatangi langsung pedagang pengumpul yang mempunyai lapak dipasar dengan menawarkan harga yang relatif murah. Strategi pemasaran yang dilakukan pengrajin lebih memperhatikan bauran pemasaran seperti produk, harga, promosi dan tempat (saluran distribusi). Produk yang ditawarkan pengrajin adalah produk yang sudah diberi kemasan, harga yang diberikan pun sama seperti harga gula merah pada umumnya, promosi dilakukan dari mulut kemulut dan tempat pembuatannya pun sangat diperhatikan oleh pengrajin. Dalam Pemasaran ini memiliki tiga kendala yaitu aspek teknis, aspek ekonomi dan aspek sosial. Adapun dalam perspektif ekonomi Islam pengrajin sangat memperhatikan kualitas dan kehalalan produk, tidak mempermainkan harga, tidak memberi promosi berlebihan dan tempat (saluran distribusi) selalu dijaga kelancaran dan kebersihan tempat pembuatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business > Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:25
Last Modified: 21 Feb 2022 06:25
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item
View Item