ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BUKU “SENANG BELAJAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” DI KELAS IV DAN V SD DI KAB. KARANGANYAR

Martha Oktavia, Rizky and Muharom, Fauzi (2021) ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BUKU “SENANG BELAJAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” DI KELAS IV DAN V SD DI KAB. KARANGANYAR. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10 (2). pp. 91-118. ISSN 2302-3066

[thumbnail of 167] Text
167 - Published Version

Download (42kB)

Abstract

Kesuksesan pendidikan toleransi melalui pendidikan agama Islam dapat ditopang oleh komponen bahan ajar, misalnya buku “Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti” bagi Siswa Kelas IV dan V SD di Kab. Karanganyar. Permasalahannya, bagaimana analisis nilai-nilai toleransi dalam buku tersebut? Tujuan penelitian, yaitu menganalisis nilai-nilai toleransi dalam buku “Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti” bagi Siswa Kelas IV dan V SD di Kab. Karanganyar. Dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian pustaka, data penelitian berupa nilai-nilai toleransi diperoleh dari sumber data buku dikumpulkan dengan studi dokumentasi. Keabsahannya diperiksa dengan teknik (1) triangulasi, (2) pengecekan anggota, (3) meningkatkan ketekunan, dan (4) kecukupan bahan. Berdasarkan hasil analisis isi ditemukan nilai-nilai toleransi, yakni 31 nilai toleransi, misalnya (1) tidak menertawakan cara beribadah umat beragama lain, (2) tidak membicarakan kekurangan agama umat beragama lain, (3) tidak mencela aturan beribadah umat beragama lain. Saran kepada penulis buku Pendidikan Agama Islam (PAI) SD, yakni perlu penyebaran nilai toleransi pada setiap bab; guru PAI dan siswa kelas IV dan V SD perlu membaca, bahkan menelusuri nilai toleransi agar dapat diajarkan berkelanjutan; siswa kelas IV dan V SD perlu membaca dan menerapkan nilai toleransi dalam buku dengan berkonsultasi pada orang tua dan guru yang membinanya; kepala SD dapat menjadikan sebaran nilai-nilai toleransi sebagai panduan untuk memilih, menentukan, dan merancang kegiataan sosial kemasyarakatan di sekolah untuk melatih kepekaan siswa menjadi generasi yang toleran.

Item Type: Article
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
Depositing User: Hatta Hatta Fakhrurozi
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:19
Last Modified: 25 Feb 2022 04:19
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item
View Item