Pudariati, Pudariati (2021) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA MTS NEGERI 2 BANGGAI. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10 (2). pp. 133-147. ISSN 2302-3066
169 - Published Version
Download (29kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di MTS Negeri 2 Banggai Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di MTS Negeri 2 Banggai yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di MTS Negeri 2 Banggai Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 130,50 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 150,13 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 167 berada pada kategori sangat tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan |
Depositing User: | Hatta Hatta Fakhrurozi |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 04:23 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 04:23 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1246 |