PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA MTS NEGERI 2 BANGGAI

Pudariati, Pudariati (2021) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA MTS NEGERI 2 BANGGAI. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10 (2). pp. 133-147. ISSN 2302-3066

[thumbnail of 169] Text
169 - Published Version

Download (29kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di MTS Negeri 2 Banggai Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di MTS Negeri 2 Banggai yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di MTS Negeri 2 Banggai Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 130,50 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 150,13 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 167 berada pada kategori sangat tinggi

Item Type: Article
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
Depositing User: Hatta Hatta Fakhrurozi
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:23
Last Modified: 25 Feb 2022 04:23
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item
View Item