Anas, Arief (2018) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di SMA Negeri 6 Palu. Masters thesis, IAIN Palu.
ARIEF ANAS.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk penanaman nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 6 Palu yaitu berupa (a) nilai Inklusif, jika dikaitkan dengan teori H.A.R Tilaar terdapat terdapat sebuah nilai yang baik bagi peserta didik (b) Humanis, jika dikaitkan dengan teori H.A.R Tilaar terdapat nilai-nilai multikulutural yang bisa dijadikan pegangan dalam strategi guru untuk melakukan proses pembelajaran (c) Toleransi, jika dikaitkan dengan teori H.A.R Tilaar terdapat perilaku yang saling menghargai suku, ras, dan agama dalam suatu perbedaan yang ada di sekolah (d) Tolong menolong, jika dikaitkan dengan teori H.A.R Tilaar terdapat nilai-nilai multikultural yang jika dilaksanakan dalam proses strategi pembelajaran maka akan menghasilkan hasil yang baik bagi peserta didik, sehingga mereka menanamkan sikap saling tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 6 Palu, selain sebagai pembimbing peserta didik di sekolah, guru juga dapat dikatakan sebagai orang tua peserta didik yang ada di sekolah, hal ini dikatakan demikian karena guru pendidikan agama islam dapat membantu peserta didik agar dapat menanaman niai-nilai multikultural pada diri peserta didik di lingkungan sekolah maupun masyarakat yang kultur. Guru juga dapat menjadi panutan dan contoh terhadap perilaku yang akan dia ajarkan pada peserta didik, contohnya saja dalam perilaku saling menghormati antar suku, ras, agama dan budaya maupun sikap saling kasih sayang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 05:24 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 05:24 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1369 |