Mursidin, Mursidin (2020) Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Alquran Di SD Inpres I Lasoani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Masters thesis, IAIN Palu.
mursidin.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses penerapan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan klasikal menggunakan alat peraga dan pendekatan individual melalui tehnik baca simak. 2) didalam proses penerapannya juga terdapat beberapa faktor yang menghambat diantaranya adalah banyak anak yang malas, kurang fokus karena keinginan peserta didik untuk jajan ditambah lagi suara gaduh, ingin cepat-cepat pulang. 3) Kelebihan metode tilawati sangat baik diterapkan untuk anak-anak baik itu untuk santri maupun peserta didik di sekolah, menyenangkan karena menggunakan lagu rost akan tetapi dalam penerapannya tidak diajarkan tajwid sejak dini, lansung menpraktekkan tanpa memberikan penekanan secara tertulis yang diajarkan. Kekurangan metode tilawati ialah bahwa tidak semua orang dapat mengajarkan metode tilawati oleh karena itu guru yang menerapkan harus mengetahui secara maksimal metode tersebut, sebab jika tidak memahami dan menguasai tidak akan berhasil apa yang diajarkan. 4) adapun capaian dalam penerapan metode tilawati di SD Inpres I Lasoani adalah bacaan peserta didik semakin meningkat dan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran juga meningkat, karena metode tilawati lebih cepat diterima oleh peserta didik berbeda dengan metode sebelumnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 05:56 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 05:56 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1395 |