Nuralang, Nuralang (2018) Urgensi Kecerdasan Spiritual Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Keperibadian Peserta Didik Di SMPN 3 Palu. Masters thesis, IAIN Palu.
Nurallang.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program kecerdasan spiritual guru dilaksanakan berjenjang dalam jangka panjang, langkah peningkatan kecerdasan spiritual guru melalui latihan dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun diluar lingkungan sekolah serta tertanam nilai-nilai kehidupan yang Islami. (2) Proses kecerdasan spiritual guru dalam pembinaan keperibadian peserta didik di SMP Negeri 3 Palu diuraikan tiga sub; (a) Pendekatan kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam yang dilakukan adalah guru sebagai model dalam melaksanakan peraturan maupun kegiatan sekolah; (b) Strategi kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam yang dilakukan ada tiga yaitu penanaman nilai-nilai Islami meliputi sembilan nilai yaitu nilai sabar, syukur, optimis, tawakkal, ikhlas, keberanian, keadilan, jujur, tawadhu, sedangkan Aktivitas-aktivitas Islami yaitu aktivitas harian, aktivitas mingguan, aktivitas bulanan dan aktivitas tahunan, dan simbol-simbol Islami meliputi mushalla, kerudung, dekorasi ; (c) Metode kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam yang dilakukan adalah pembiasaan yaitu pembiasaan dalam melakukan nilai-nilai Islami, pembiasaan dalam melakukan aktivitas-aktivitas Islami, pembiasaan dalam melakukan simbol-simbol Islami.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 06:17 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 06:17 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1398 |