Sahban, Sahban (2020) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Pusat Palu. Masters thesis, IAIN Palu.
SABHAN.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas merupakan salah satu prasyarat mutlak yang menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Pusat Palu dalam peningkatan mutu pembelajaran. Implementasian manajemen kelas di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Pusat Palu pendidik diharuskan untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan melalui pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas. Pengaturan peserta didik (kondisi emosional) meliputi tingkah laku, kedisiplinan minat atau perhatian, gairah belajar, dan dinamika kelompok. Pengaturan fasilitas (kondisi fisik) meliputi ventilasi, pencahayaan, kenyamanan, letak duduk dan penempatan peserta didik. Adapun model manajemen kelas yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Pusat Palu ialah model formasi tradisional (konvensional). Formasi tradisional ini dibentuk tempat duduk peserta didik dibagi menjadi Empat baris dan peserta didik duduk berpasangan dengan tujuan agar peserta didik saling membantu dalam memahami materi. Formasi Letter U yang dibuat dengan mengatur posisi tempat duduk peserta didik menyerupai huruf U bertujuan agar pendidik lebih mudah mengontrol kegiatan peserta didik dan peserta didik lebih berkonsentrasi serta lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 01:40 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 01:40 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1400 |