Irmawati, Irmawati and Saguni, Fatimah and Dewi Lisnawati, Sri (2019) Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Anak Di Kelompok A1 Dan B3 TK Alkhairaat I Pusat Palu. Ana' Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1). pp. 41-52. ISSN 2723-1437
3 - Published Version
Download (18kB)
CEK SIMILARITY (IMPLEMENTASI_MODEL_PEMBELAJARAN_SENTRA_BERMAIN_PER).pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk meningkatkan hubungan interpersonal anak di kelompok A1 dan B3 TK Alkhairaat I Pusat Palu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis melalui lembar observasi pada siklus I dan siklus II. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui proses tindakan. Selanjutnya dinarasikan untuk mengambil kesimpulan tentang ada tidaknya peningkatan hubungan interpersonal pada anak melalui implementasi model pembelajaran sentra bermain peran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran sentra bermain peran untuk meningkatkan hubungan interpersonal anak di kelompok A1 pada siklus I tindakan I 17,78% , tindakan II 35,55% dan di kelompok B3 siklus I tindakan I 27,54% dan tindakan II 59,42%. Sedangkan model pembelajaran sentra bermain peran untuk meningkatkan hubungan interpersonal anak di kelompok A1 pada siklus II tindakan I 55,56% , tindakan II 80% dan kelompok B3 siklus II tindakan I 73,91%, tindakan II 82,61%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 07:21 |
Last Modified: | 12 Mar 2022 13:51 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/275 |