Penerapan Sistem Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Di SMP Negeri 15 Palu

Nurmilah, Nurmilah (2019) Penerapan Sistem Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Di SMP Negeri 15 Palu. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of NURMILAH.pdf] Text
NURMILAH.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Penerapan sistem full day school dalam meningkatkan kualitas belajar di SMP Negeri 15 Palu yaitu kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 dimana merupakan kebijakan pihak sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Upaya dalam meningkatkan kualitas belajar tidak sekedar mengarah pada hasil tetapi bagaimana seorang guru dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam sistem full day school banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga pendidikan diantaranya peningkatan sarana dan prasarana, bertambahnya jumlah guru dan peningkatan hasil belajar. Ada pun faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran sistem full day school dalam meningkatkan kualitas belajar di SMP Negeri 15 Palu yaitu kurangnya konsentrasi belajar peserta didik pada saat jam terakhir dimulai dan adanya sedikit kejenuhan atau kebosanan peserta didik akibat terlalu lamanya jam belajar dan pulang sekolah. Adapun upaya dalam mengatasi hambatan mengurangi kejenuhan atau kebosanan peserta didik, yaitu dalam penyajian materi guru mempersiapkan metode pembelajaran lebih kreatif atau menarik dan bervariasi seperti metode pembelajaran saintifik, window shoping dan matcing card. Peran kebijakan full day school terhadap kualitas belajar peserta didik di SMP Negeri 15 Palu adalah terlihat dari peningkatan nilai peserta didik setiap semester. Dengan demikian penerapan kebijakan full day school memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ainul Yaqin
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:29
Last Modified: 01 Dec 2021 06:29
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item
View Item