Arianti, Arianti (2019) Pengaruh Lingkungan Terhadap Keterampilan Berbahasa Arab Peserta Didik Di Pondok Pesantren Sabillul Khairaat Desa Bantuga Kab. Tojo Una-Una. Other thesis, IAIN Palu.
ARIANTI.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbahasa Arab peserta didik di pondok pesantren Sabillul Khairaat desa Bantuga Kab. Tojo Una-una. Dari hasil perhitungan antara variabel X (lingkungan) dan variabel Y (keterampilan berbahasa Arab) dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22 menunjukkan angka 52,7 atau 53% yang berkisar antara 0,40-0,599, yang mana berdasarkan angka interpretasi mengenai kekuatan hubungan antara dua variabel hal tersebut menunjukkan antara variabel X dan Y termasuk pada “ korelasi sedang”, sehingga pengaruh lingkungan terhadap keterampilan berbahasa Arab peserta didik di pondok pesantren Sabillul Khairaat desa Bantuga Kab. Tojo Una-una memiliki pengaruh yang sedang. Dan adapun keadaan keterampilan berbahasa Arab peserta didik di pondok pesantren Sabillul Khairaat desa Bantuga Kab. Tojo una-una kurang baik. Hanya sedikit peserta didik yang mampu berbicara dengan menggunakan bahasa Arab, di lingkungan pondok pesantren. Karena pembendaharaan kosa kata peserta didik sangat kurang Ada beberapa masalah yang membuat hal ini terjadi. Minat belajar bahasa Arab mereka sangat kurang, yang kedua mereka sangat sulit memahami pola-pola kalimat serta kedudukan-kedudukan bahasa Arab yang sudah menjadi ketentuan. Apalagi ada beberapa santri yang sama sekali belum mengenal huruf Arab atau belum tahu mengaji.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ainul Yaqin 007 |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:29 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:29 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/464 |