Sonya, s (2021) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SDI WAIROTANG. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 9 (2). pp. 77-92. ISSN 2302-3066
61
Download (2kB)
Abstract
ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SDI WAIROTANG Sonya
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca yang di alami siswa kelas V SDI Wairotang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat siswa dalam kesulitan membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDI Wairotang yang berkesulitan membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukkan kesulitan yang dialami siswa adalah membaca belum lancar, mengeja, dan penggunaan tanda baca kurang tepat dan faktor-faktor yang menghambat siswa dalam membaca yakni kurangnya minat belajar membaca serta kurangnya dukungan keluarga dalam belajar membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulan bahwa kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca dan faktor penghambat dalam membaca di kelas V SDI Wairotang yaitu: belum lancar membaca, mengeja dan penggunaan tanda baca yang kurang tepat serta kurangnya minat belajar membaca dan kurangnya dukungan keluarga dalam belajar membaca.
01 04 2021 77 92 10.24239/pdg.Vol9.Iss2.68 http://jurnalpaedagogia.com/index.php/pdg/article/view/68 http://jurnalpaedagogia.com/index.php/pdg/article/download/68/61 http://jurnalpaedagogia.com/index.php/pdg/article/download/68/61
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 15:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 15:01 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/52 |