Masra, Masra (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN Saluwira Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu. Other thesis, IAIN Palu.
MASRA.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dengan adanya data-data yang terkumpul dengan indikator batasan nilai hasil dan proses minimal sebasar 70. Hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa melalui tindakan pada siklus I mengalami peningkatan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 64,4% dengan presentase ketuntasan 50%, aktifitas siswa dengan nilai yaitu 55% sedangkan presentase aktivitas guru pada siklus I 37,5%. Pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 81,83% dengan presentase ketuntasan 81,81% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja denga nilai rata-rata aktifitas siswa 77,5% dan presentase aktivitas guru 85% dari pelaksanaan siklus diatas ternyata ada peningkatan. Mengenai penigkatan persentase pada hasil belajar dan proses pembelajaran menunjukan bahwa media gambar efektif digunakan pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) Education > Theory and practice of education > Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainul Yaqin 007 |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:23 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/581 |