Desriani, Desriani (2018) Implementasi Essay Test Pada Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 6 Sigi. Other thesis, IAIN Palu.
DESRIANI.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi essay test dalam meningkatkan wawasan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Sigi membuktikan bahwa peserta didik belajar lebih serius dan teliti untuk mempersiapkan ujian bentuk essay test dari pada tes obyektif. Pertanyaan yang penting bukanlah model belajar peserta didik dalam menghadapi ujian tetapi bagaimana perbedaan ini mempengaruhi pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam penggunaaan essay test pada peningkatan mutu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat faktor penghambat di dalamnya, yaitu; Bahan evaluasi, Karakter peserta didik, Kurangnya pengembangan evaluasi pendidikan agama islam. Sedangkan faktor pendukungnya ialah; seorang Pendidik, dan suasana evaluasi, dari beberapa faktor penghambat tersebut maka guru mengambil solusi; Bahan evaluasi, diharapkan adanya upaya dalam rangka penambahan buku-buku referensi guna menjadi bahan yang dapat disajikan kepada peserta didik sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Karakter peserta didik, dimana tugas seorang guru adalah memberikan pelajaran tidak hanya sedekar membuat peserta didik paham tetapi juga menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menyesuaikan berbagai karakter peserta didik. Kurangnya pengembangan evaluasi, guru pendidikan agama Islam harus membuat spesifikasi tes yang berdasarkan pertanyaan yang harus dirancang ketika akan mebuat tes ujian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ainul Yaqin 007 |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:16 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/590 |